Jumat, 13 September 2019

Resensi Buku “Membuat Sendiri SMS Gateway (ESME)”



Judul Buku       : Membuat Sendiri SMS Gateway Berbasis Protokol SMMP
Penulis             :  Romzi Imron Rosidi
Penerbit            : C.V ANDI OFFSET (ANDI)
Tahun terbit      : 2004
Tebal                : 163 halaman
Sinopsis Buku  :  Buku ini menjelaskan tata kerja sistem layanan SMS, tata cara pembangunan sebuah server layanan SMS yang berkelas enterprise dan dapat dihubungkan langsung ke SMS Center pada level operator. pemrograman ini menggunakan bahasa Visual Basic 6.0

1.     BAB 1, Mengenal SMS Lebih Jauh
Membahas tentang pengertian SMS dan sejarahnya. Menjelaskan Arsitektur dan Elemen Jaringan atau bisa di sebut dengan alur kerja SMS. Menyebutkan jenis-jenis External Short Messaging Entites (ESME). Menjelaskan fungsi SMSC. Menyebutkan macam-macam Elemen Wirless Network. Menjelaskan tatakerja Komunikasi Antar-elemen Jaringan SMS. Dan Pengaplikasian SMS.

2.     BAB 2, Short Message Peer-To-Peer Protocol (SMPP)
Di bab ini menjelaskan pengertian SMPP maupun menjelaskan awalmula terbentuknya SMPP hingga berkembang. Selain itu di jelaskan juga prinsip-prinsip SMPP. Diberitahaukan juga format umum PDU dalam protokol SMPP dan penjelasan masing masing bagian dari PDU. Dikenalkan dengan Tipe Parameter pada SMPP. Membahas tentang SMPP Session. Maupun pemberian contoh Operasi Protokol SMPP.

3.     BAB 3, Pemrograman Protokol SMPP Menggunakan Visual Basic 6.0
Dikenalkan dasar-dasar Pemrograman Protokol SMPP. Dijelaskan bahasa digital komputer. Cara pemrograman menggunakan SMPP beserta contoh pemrogramannya. Cara instalasi SMMP maupun yang lainnya. Setelah itu di beritahukan cara untuk menjalankan program. Dan di jelaskan cara Parameter Optional SMPP.

4.     BAB 4, MC-ESME Interface
Dijelaskan fungsi utama dari SMPP. Penjelasan aplikasi MC Interface. Memberi contoh pemrogramannya. Diberikan langkah langkah untuk mencoba Aplikasi tersebut.

5.     BAB 5, Info Kurs Valas
Penjelasan Kurs pada telepon. Penjelasan kemampuan dalam ESME interface. Diberikan contoh pemrograman Aplikasi Informasi Valuta Asing. Dan pembahasan hasil maupun ditunjukan hasil akhirnya.

6.     BAB 6, Kuis dan Pooling
Berisi tentang penjelasan aplikasi SMS. Diberikan contoh aplikasi ESME. Diberikan contoh pemrograman dari kemampuan ESME. Pembahasan hasil yang di keluarkan oleh Kui dan Pooling beserta hasilnya.

7.     BAB 7, SMS Terjadwal
Penjelasan tentang cara penerimaan SMS oleh terminal ponsel.Diberikan contoh sederhana pengiriman short message secara terjadwal. Diberikan contoh pemrograman bagai mana SMS terjadwal. Dan di bahas bagaimana hasil yang akan di keluarkan

8.     BAB 8, Implementasi Lapangan
Penjelasan usaha yang dilakukan oleh SMS yang di implementasikan oleh ESME. Dijelaskan juga tentang komunikasi ataupun voice. Dan diberikan pengetahuan tentang konfigurasi umum terkoneksikan.

Dengan pengetahuan ini kita jadi bisa membuat SMS sendiri dengan cara memrogramnya sendiri. Selain itu kita juga akan tahu problematik SMS dan tata kerjanya.

Kelebihan Buku      : diberikanya contoh maupun gambar membuat pengguna lebih      mudah memahami isi buku.
Kekurangan Buku   : jika digunakan oleh pemula yang belajar pemrograman             bahasanya terlalu berbelit belit.

Buku “Membuat Sendiri SMS Gateway Berbasis Protokol SMMP” ini saja pinjam dari perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta. Jika kalian ingin mengetahuinya lebih lanjut kalian bisa datang ke perpustakaan UNY. Selain itu kalian juga bisa melihat katalog perpustakaan UNY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar